DIGITAL  MARKETING 


- APA ITU DIGITAL MARKETING 

Mungkin Anda semakin hari semakin sering mendengar istilah Pemasaran Digital atau Digital Marketing, baik melalui percakapan sehari – hari di masyarakat atau melalui media massa. Apa perbedaannya dengan pemasaran konvensional ? Apa pentingnya dan kegunaan Digital Marketing untuk bisnis anda ? Apakah bisnis Anda sudah saatnya harus melakukan Digital Marketing ? Apa hubungannya Pemasaran Digital dengan Internet ? Mungkin Anda selama ini sering menerima SMS iklan, apakah itu juga termasuk Digital Marketing ?


Seiring dengan meluasnya pemakaian internet dalam berbagai aspek kehidupan masa kini, Digital Marketing menjadi semakin populer dan penting. Secara umum, Digital Marketing adalah segala bentuk aktivitas pemasaran produk atau jasa menggunakan teknologi digital, terutama Internet, dan termasuk telepon seluler.


Digital Marketing, yang telah berkembang sejak tahun 1990-an, telah merubah strategi perusahaan dan brands menggunakan teknologi untuk pemasaran. Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang memasukkan pemasaran digital sebagai salah satu strategi pemasarannya, dan semakin banyaknya orang yang berbelanja secara online, kampanye pemasaran digital menjadi suatu keharusan dan semakin efisien.


Apa saja yang termasuk dalam Digital Marketing? Lima hal di bawah ini termasuk dalam Digital Marketing.


1. SMS Marketing

Jenis pemasaran ini termasuk paling kuno dari semua jenis Digital Marketing. Penyedia layanan telepon seluler biasanya menyediakan layanan beriklan melalui SMS ( text message ) kepada perusahaan – perusahaan yang ingin beriklan kepada para pengguna telepon seluler mereka. Iklan disajikan dalam bentuk teks singkat yang kemudian dikirimkan ke para pengguna telepon seluler.


Pemasang iklan SMS ini bisa memilih target penerima SMS iklan berdasarkan segmentasi tertentu, misalnya usia, lokasi tempat tinggal, besarnya penghasilan per bulan, dan lain sebagainya.


Pemasang iklan SMS seringkali menggunakan iklan SMS ini untuk mendistribusikan informasi mengenai program diskon produk atau jasa mereka, produk atau jasa baru mereka, atau sekedar mengarahkan penerima SMS iklan untuk mengakses situs web pemasang iklan.

2. E-mail Marketing

Bisa dikatakan Email Marketing lebih kuno dibandingkan SMS Marketing, karena Internet sendiri sudah lahir jauh sebelum teknologi telepon seluler lahir di dunia ini.


E-mail Marketing adalah salah satu bentuk pemasaran digital yang menggunakan e-mail sebagai alat pemasaran satu – satunya. Isi email sendiri bisa berupa berbagai jenis konten pemasaran, misalnya memperkenalkan profil perusahaan, memperkenalkan produk atau jasa, mengirimkan artikel baru mengenai perkembangan perusahaan, dan lain sebagainya.

3. Search Engine Marketing

Pasti Anda sudah sering sekali menggunakan mesin pencarian (Search Engine), seperti Google misalnya, untuk mencari berbagai macam informasi yang anda perlukan.


Pada setiap halaman hasil pencarian berdasarkan keyword tertentu (Search Engine Result Pages or SERP), selalu ada dua bagian, yaitu hasil pencarian yang berupa iklan dan hasil pencarian organik (bukan iklan). Berdasarkan dua kategori hasil pencarian ini, kita bisa membagi Search Engine Marketing menjadi dua bagian, yaitu:


Pay Per Click Ads ( PPC Ads ). Mesin pencarian seperti Google atau Bing menyediakan layanan iklan kepada para pemasang iklan. Iklan tersebut dibayar berdasarkan jumlah orang yang melakukan klik pada hasil pencarian. Iklan bisa dipasang berdasarkan keywords tertentu. Misalnya saja, anda seorang pemilik dan pengelola Coffee Shop XYZ di kota Jakarta. Anda bisa memasang PPC Ads berdasarkan keywords seperti “coffee shop Jakarta”, “coffee shop di Jakarta”, “XYZ”, “coffee Jakarta”, dan keywords lainnya.

Optimasi Mesin Pencarian ( Search Engine Optimization or SEO ). SEO adalah segala usaha yang dilakukan agar supaya alamat situs web anda berada di halaman satu hasil pencarian berdasarkan keywords tertentu secara organik. Memang ketika anda berhasil mengusahakan alamat situs web anda di halaman satu hasil pencarian secara organik berdasarkan keywords tertentu, anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membayar PPC Ads. Namun proses anda mengusahakan hal tersebut membutuhkan biaya yang besar.

PPC Ads ibarat menyewa rumah, dan SEO ibarat membeli rumah.


4. Social Media Marketing

Penggunaan media sosial sudah semakin populer dan jumlah pengguna media sosial di seluruh dunia juga semakin hari semakin banyak mencapai milyaran pengguna.


Anda dapat menggunakan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain – lain, untuk melakukan pemasaran digital. Followers anda di media sosial adalah audiens anda. Apabila para followers anda di media sosial dikonversi dengan baik dan efektif, maka sebagian besar followers anda di media sosial bisa menjadi pelanggan produk atau jasa anda.


Pemasaran Digital di media sosial bisa dilakukan dengan dua acara, yaitu:


Beriklan di media sosial dengan iklan berbayar. Semua perusahaan penyedia layanan media sosial menawarkan iklan berbayar kepada para penggunanya. Anda bisa memasang iklan di media sosial dengan melakukan segmentasi audiens, misalnya berdasarkan usia, lokasi tempat tinggal, interest, dan lain sebagainya.

Menggunakan konten untuk mendapatkan, mempertahankan, dan meningkatkan followers secara organik. Selain menggunakan iklan berbayar di media sosial, anda juga bisa melakukan content marketing untuk mendapatkan, mempertahankan, dan meningkatkan followers secara organik.

5. Content Marketing

Content Marketing secara singkat bisa dikatakan sebagai sebuah seni berjualan kepada audiens, menggunakan konten – konten digital sebagai alat utama berjualan, tanpa audiens merasakan bahwa kita sedang berjualan kepada audiens.


- STRATEGI DIGITAL MARKETING 

Sebenarnya dalam dunia digital marketing, yang tergolong strategi dan terbukti ampuh yang saya ketahui hanya ada satu strategi yaitu inbound marketing.


Ada juga yang disebut dengan content marketing. Content marketing mengangkat paradigma baru dalam marketing. Content marketing juga menggunakan strategi inbound marketing.


Namun, ada beberapa hal lain yang sering juga disebut strategi tapi kenyataan BUKAN strategi. Tapi hanyalah channel atau saluran marketing atau bahkan sekedar teknik marketing. Contohnya seperti social media marketing, search engine optimization, search engine marketing, email marketing, influencer marketing.


- MANFAAT DIGITAL MARKETING

1. Menjangkau pasar secara online

Internet saat ini tengah menjadi andalan bagi para konsumen untuk menemukan produk yang dicari. Dengan banyaknya pengguna internet tentu memberi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk kepada publik. Internet memungkinkan bisnis kamu dapat terhubung dengan konsumen secara cepat dan luas.


Sebagian besar konsumen kini lebih memilih internet sebagai sarana untuk menemukan produk yang dicari. Ketika konsumen mengenal produk dan jasa yang kamu miliki, besar kemungkinan mereka bisa membeli atau berkonsultasi secara langsung melalui gadgetnya ketimbang harus datang ke tempat yang berpotensi membuatnya menjadi ragu.

2. Mudah menemukan konsumen sesuai dengan target yang direncanakan

Melalui digital marketing, bisnis yang kamu tawarkan dengan mudah mampu menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau memberikan pelayanan jasa kepada publik.


Dengan digital marketing pula kamu dapat melayani semua pelanggan tanpa secara langsung sehingga jauh lebih efisien. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini tentu akan membuang waktu lebih banyak. Dengan ranah digital, kamu bisa memberikan pelayanan kapanpun dan di manapun secara real-time dan jauh lebih efisien.

3. Menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis

Baik perusahaan besar maupun pelaku bisnis UKM memiliki kesempatan yang sama dalam ranah digital marketing. Kanal yang menawarkan jasa periklanan sama-sama memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun. Dengan begitu, bisnis yang kamu miliki mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan posisi yang setara dengan perusahaan ternama.

4. Meningkatkan profit bisnis yang dijalankan



Salah satu faktor berkembang pesatnya bisnis digital saat ini adalah fitur transaksi berbasis online. Karena kemudahannya mampu meyakinkan dan menarik perhatian banyak konsumen terhadap produk tertentu. Bahkan ketika bisnis yang kamu jalankan masih dalam tahap perkembangan, sangat memungkinkan digital marketing membuat produk kamu banyak dicari dan dibeli oleh konsumen. Tentu saja, itu akan membuat bisnis mu mendapatkan lebih banyak profit jika dibandingkan pemasaran offline.


5. Memudahkan dalam melakukan evaluasi

Manfaat Digital Marketing


Internet merupakan akses terbuka dimana bisnis kamu dapat terhubung oleh berbagai portal secara online. Ketika sebuah bisnis ditampilkan bersamaan dengan bisnis lainnya, tentu saja kamu bisa melihat kelebihan dan kekurangan pada bisnis yang sedang dijalankan. Dengan begini juga bisa melihat kekuatan dan kelemahan untuk selanjutnya dapat menjadi bahan evaluasi ke depannya. Apakah ada fitur atau layanan yang harus di perbaiki, strategi pemasaran yang seperti apa dan lain sebagainya.


6. Membuat bisnis terlihat lebih profesional

Manfaat Digital Marketing


Di era digital seperti sekarang ini, bisnis yang tidak terlihat di portal internet tentu akan dicap sebagai bisnis yang tertinggal. Tidak hanya menyulitkan produk untuk dijangkau konsumen, melainkan bisnismu seolah-olah tidak memiliki kredibilitas yang cukup baik di mata konsumen maupun pelanggan. Maka digital marketing sangat penting untuk menjadikan bisnis yang dimiliki terlihat lebih profesional.


-KEUNGGULAN DIGITAL MARKETING 

1. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen


Digital Marketing bisa memperluas target konsumen yang selama ini tidak terjangkau selama melakukan penjualan offline. Dengan strategi dan target yang spesifik, Anda kini bisa menjangkau para calon pembeli baru dari berbagai kalangan dan wilayah sesuai target yang dipilih.  


Banyak platform yang bisa digunakan dalam melakukan penjualan online, mulai dari media sosial, marketplace, website, dan google shop. Dari semua platform yang digunakan, ada banyak fitur yang bisa membantu Anda menetapkan kampanye iklan Anda secara tepat.


2. Mendongkrak Penjualan Secara Cepat


Melalui strategi digital marketing yang tepat, beberapa perusahaan mampu meningkatkan penjualannya hingga tiga kali lipat. Anda juga bisa menambah daftar calon prospek atau calon konsumen (lead) dari kampanye yang dilakukan melalui media digital.


Kami berpengalaman membantu salah satu produsen suplemen kesehatan di Jakarta, dan dalam waktu tiga bulan berhasil meningkatkan kunjungan ke marketplace hingga lima kali lipat, dengan tingkat konversi 25%.


3. Lebih Terukur


Dalam iklan tradisional melalui surat kabar atau majalah, produsen sulit mengukur keberhasilan sebuah kampanye.  Inilah kelebihan digital, semuanya serba terukur. Setiap strategi yang digunakan bisa diukur dan dipantau secara langsung efektivitasnya.


Analitik pemasaran digital membuat perkiraan untuk menentukan target pemasaran Anda benar-benar berfungsi. Dengan mengukur kampanye pemasaran digital Anda secara waktu nyata, Anda dapat melihat strategi mana yang berfungsi dan mana yang tidak.


Kemudian, Anda dapat menyesuaikan kampanye Anda untuk kesuksesan yang lebih besar. Anda juga dapat mengambil wawasan yang Anda peroleh dari proses untuk meningkatkan kampanye di masa mendatang.


4. Menentukan Pembeli Ideal


Anda pengusaha sepatu sneaker lokal di Bandung, dan berencana memperluas jangkauan Anda ke Jawa Tengah. Kemudian Anda bisa menentukan kampanye dan sasaran berdasarkan karakteristik dan sasaran seperti: rentang usia 15-30 tahun, berdasarkan hobi, dan berdasarkan lokasi yang banyak ditempati usia muda.

5. Lebih Hemat


Gartnet, sebuah platform digital marketing, melaporkan yang menunjukkan bagaimana para pengusaha kecil kini sudah mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital. Contohnya saja, sebanyak 40% dari mereka melaporkan adanya efisiensi biaya yang ada pada usaha mereka.


Usaha kecil yang dimaksudkan disini adalah usaha atau perusahaan yang memiliki sumber daya terbatas. Pemasaran digital kemudian bisa membantu pemilik usaha, tidak hanya menghasilkan generasi dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat pengeluaran pengusaha.


6. Menjangkau Pengguna Mobile (Smartphone)


Pemasaran digital membawa Anda memasuki area pasar raksasa, di mana kegiatan pemasaran digital melalui perangkat mobile menghasilkan hingga 34% dari keseluruhan trafik organic.


Data dari Hootsuite, perusahaan analisis media sosial dari Kanada, menyebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 171 juta orang, dan 98% mengakses melalui handpone atau telepon genggamnya. Pasar yang sangat potensial bukan?


7. Membantu Bersaing dengan Perusahaan Besar


Banyak merek dan usaha saat ini saling bersaing dengan campaign digital marketing mereka. Para pengusaha menggunakan bermacam-macam saluran termasuk display, iklan video, pengguna media sosial, hingga pencairan di google.


Salah satu manfaat digital marketing yang tepat juga memungkinkan perusahaan kelas skala kecil dan menangah untuk bisa bersaing dengan perusahaan besar. Kuncinya adalah strategi dan takik kampanye yang tepat bahkan dengan menggunakan berbagai kata kunci di pencarian termasuk yang digunakan pesaing Anda.


Mesin pencari google atau search engine optimization (SEO) dan SEO lokal membantu Anda menjangkau pembeli yang lebih berkualitas secara online. SEO adalah taktik pemasaran digital kuat lainnya yang menawarkan berbagai manfaat.


-KESIMPULANNYA 

Digital Marketing atau Pemasaran Digital, saat ini merupakan suatu keharusan untuk dilakukan bagi semua perusahaan dan merupakan strategi pemasaran yang efektif.




Komentar

Postingan populer dari blog ini