KEMITRAAN USAHA/ BISNIS


- PENGERTIAN ,TUJUAN,DAN MANFAAT KEMITRAAN USAHA


Kenyataan menunjukkan bahwa Usaha Kecil masih belum dapat mewujudkan kemampuan dan peranannya secara optimal dalam perekonomian nasional. Hal itu disebabkan oleh kenyataan bahwa Usaha Kecil masih menghadapi berbagai hambatan dan kendala, baik yang bersifat eksternal maupun internal, dalam bidang produksi dan pengolahan, pemasaran, permodalan, sumber daya manusia, dan teknologi, serta iklim usaha yang belum mendukung bagi perkembangannya. Sehubungan dengan itu, Usaha Kecil perlu memberdayakan dirinya dan diberdayakan dengan berpijak pada kerangka hukum nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 demi terwujudnya demokrasi ekonomi yang bedasar pada asas kekeluargaan. 

    

Pemberdayaan Usaha Kecil dilakukan melalui :

 Penumbuhan iklim usaha yang mendukung bagi pengembanganUsaha Kecil;

 Pembinaan dan pengembangan Usaha Kecil serta kemitraan usaha.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka untuk menghasilkan tingkat efisiensi dan produktivitas  yang optimal diperlukan sinergi antara pihak yang memiliki modal kuat, teknologi maju, manajemen modern dengan pihak yang memiliki bahan baku, tenaga kerja dan lahan. Sinergi ini dikenal dengan kemitraan. Kemitraan yang dihasilkan merupakan suatu proses yang dibutuhkan bersama oleh pihak yang bermitra dengan tujuan memperoleh nilai tambah. Hanya dengan kemitraan yang saling menguntungkan, saling membutuhkan dan saling memperkuat, dunia usaha baik kecil maupun menengah akan mampu bersaing. 


Adapun secara lebih rinci tujuan kemitraan meliputi beberapa aspek, yang diantaranya yaitu :

a)Tujuan dari Aspek Ekonomi 

Dalam kondisi yang ideal, tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan kemitraan secara

lebih kongkrit yaitu :

Meningkatkan pendapataan usaha kecil dan masyarakat;

Meningkatkan perolehan nilai tambah bagi pelaku kemitraan;

Mengenal tiga jenis efisiensi diantaranya yaitu pertama, efisiensi teknis adalah cara yang paling efektif dalam menggunakan suatu sumber yang langka (tenaga kerja, bahan baku, mesin dan lain sebagainya) atau sejumlah sumber dalam suatu pekerjaan tertentu. Kedua, efisiensi statis meliputi efisiensi teknis yang mencerminkan alokasi sumber-sumber yang ada dalam rangkaian waktu tertentu, dengan kata lain, efisiensi ekonomi diperoleh bila tak ada kemungkinan realokasi sumber lain yang dapat meningkatkan output produk lainnya. Ketiga, efisiensi dinamis, pada pihak lain menghubungkan pertumbuhan ekonomi dengan kenaikan sumber yang seharusnya menyebabkan pertumbuhan ini. Jadi walaupun dua perekonomian mungkin telah meningkatkan persediaan modal dan tenaga kerja mereka dengan persentase yang sama, tapi tingkat pertumbuhan nasional dalam kedua kasus ini mungkin sangat berlainan.

b)Tujuan dari Aspek Sosial dan Budaya 

Kemitraan usaha dirancang sebagai bagian dari upaya pemberdayaan usaha kecil. Pengusaha

besar berperan sebagaai faktor percepatan pemberdayaan usaha kecil sesuai kemampuan

dan kompetensinya dalam mendukung mitra usahanya menuju kemandirian usaha, atau

dengan perkataan lain kemitraan usaha yang dilakukan oleh pengusaha besar yang telah

mapan dengan pengusaha kecil sekaligus sebagai tanggung jawab sosial pengusaha besar

untuk ikut memberdayakan usaha kecil agar tumbuh menjadi pengusaha yang tangguh dan

mandiri. Adapun sebagai wujud tanggung jawab sosial itu dapat berupa pemberian

pembinaan dan pembimbingan kepada pengusaha kecil, dengan pembinaan dan bimbingan

yang terus menerus diharapkan pengusaha kecil dapt tumbuh dan berkembang sebagai

komponen ekonomi yng tangguh dan mandiri. 

c)Tujuan dari Aspek Teknologi

Secara faktual, usaha kecil biasanya mempunyai skala usaha yang kecil dari sisi modal,

penggunaan tenaga kerja, maupun orientasi pasarnya. Demikian pula dengan status usahanya

yang bersifat pribadi atau kekeluargaan; tenaga kerja berasal dari lingkungan setempat;

kemampuan mengadopsi teknologi, manajemen, dan adiministratif sangat sederhana; dan

struktur permodalannya sangat bergantung pada modal tetap. Sehubungan dengan

keterbatasan khususnya teknologi pada usaha kecil, maka pengusaha besar dalam

melaksanakan pembinaan dan pengembangan terhadap pengusaha kecil meliputi juga

memberikan bimbingan teknologi. Teknologi dilihat dari arti kata bahasanya adalah ilmu

yang berkenaan dengan teknik. Oleh karena itu bimbingan teknologi yang dimaksud adalah

berkenaan dengan teknik berproduksi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

d)Tujuan dari Aspek Manajemen 

Manajemen merupakan proses yang dilakukan oleh satu atau lebih individu untuk

mengkoordinasikan berbagai aktivitas lain untuk mencapai hasil-hasil yang tidak bisa dicapai

apabila satu individu bertindak sendiri. Sehingga ada 2 (dua) hal yang menjadi pusat

perhatian yaitu : Pertama, peningkatan produktivitas individu yang melaksnakan kerja, dan

Kedua, peningkatan produktivitas organisasi di dalam kerja yang dilaksanakan. Pengusaha

kecil yang umumnya tingkat manajemen usaha rendah, dengan kemitraan usaha diharapkan

ada pembenahan manajemen, peningkatan kualitas sumber daya manusia serta pemantapan

organisasi.


Sasaran kemitraan agribisnis adalah terlaksananya kemitraan usaha dengan baik dan benar bagi pelaku-pelaku agribisnis terkait di lapangan sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Manfaat yang dapat dicapai dari usaha kemitraan (Hafsah, 1999) antara lain:


a) Produktivitas

Bagi perusahaan yang lebih besar, dengan model kemitraan, perusahaan besar dapat mengoperasionalkan kapasitas pabriknya secara full capacity tanpa perlu memiliki lahan dan pekerja lapangan sendiri, karena biaya untuk keperluan tersebut ditanggung oleh petani. Peningkatan produktivitas bagi petani biasanya dicapai secara simultan yaitu dengan cara menambah unsur input baik kualitas maupun kuantitasnya dalam jumlah tertentu akan diperoleh output dalam jumlah dan kualitas yang berlipat. Melalui model kemitraan petani dapat memperoleh tambahan input, kredit dan penyuluhan yang disediakan oleh perusahaan inti.


b) Efisiensi

Erat kaitannya dengan sistem kemitraan, perusahaan dapat mencapai efisiensi dengan menghemat tenaga dalam mencapai target tertentu dengan menggunakan tenaga kerja yang dimiliki oleh petani. Sebaliknya bagi petani yang umumnya relatif lemah dalam hal kemampuan teknologi dan sarana produksi, dengan bermitra akan dapat menghemat waktu produksi melalui teknologi dan sarana produksi yang disediakan oleh perusahaan.


c) Jaminan kualitas, kuantitas dan kontinuitas

Kualitas, kuantitas dan kontinuitas sangat erat kaitannya dengan efisiensi dan produktivitas di pihak petani yang menentukan terjaminnya pasokan pasar dan pada gilirannya menjamin keuntungan perusahaan. Ketiganya juga merupakan pendorong kemitraan, apabila berhasil dapat melanggengkan kelangsungan kemitraan ke arah penyempurnaan.


d) Risiko

Suatu hubungan kemitraan idealnya dilakukan untuk mengurangi risiko yang dihadapi oleh kedua belah pihak. Kontrak akan mengurangi risiko yang dihadapi oleh pihak inti jika mengandakan pengadaan bahan baku sepenuhnya dari pasar terbuka. Perusahaan inti juga akan memperoleh keuntungan lain karena mereka tidak harus menanamkan investasi atas tanah dan mengelola pertanian yang sangat luas. Menurut Rustiani et al. (1997), risiko yang dialihkan perusahaan perusahaan inti ke petani adalah (1) risiko kegagalan produksi, (2) risiko kegagalan memenuhi kapasitas produksi, (3) risiko investasi atas tanah, (4) risiko akibat pengelolaan lahan usaha luas, dan (5) risiko konflik perburuhan. Di sisi lain risiko yang dialihkan petani ke perusahaan inti antara lain: (1) risiko kegagalan pemasaran produk hasil pertanian, (2) risiko fluktuasi harga produk, dan (3) risiko kesulitan memperoleh input/sumberdaya produksi yang penting.


e) Sosial

Kemitraan dapat memberikan dampak sosial (social benefit) yang cukup tinggi. Ini berarti negara terhindar dari kecemburuan sosial. Kemitraan dapat

pula menghasilkan persaudaraan antar pelaku ekonomi yang berbeda status.


f) Ketahanan ekonomi nasional

Usaha kemitraan berarti suatu upaya pemberdayaan yang lemah (petani/usaha kecil). Peningkatan pendapatan yang diikuti tingkat kesejahteraan dan sekaligus terciptanya pemerataan yang lebih baik, otomatis akan mengurangi timbulnya kesenjangan ekonomi antar pelaku yang terlibat dalam kemitraan yang mampu meningkatkan ketahanan ekonomi secara nasional.


- JENIS-JENIS KEMITRAAN USAHA 


1.Kemitraan LLC (juga dikenal sebagai LLC multi-anggota)

2.Kemitraan Tanggung Jawab Terbatas atau Limited Liability Partnership (LLP)

3.Kemitraan Terbatas atau Limited Partnership (LP)

4.Kemitraan umum atau General Partnership (GP)


-STRATEGI DAN KEBIJAKSANAAN KEMITRAAN USAHA 


Ada banyak pilihan strategi dalam membangun kemitraan bisnis, dan masing-masing pihak tentu punya cara dan gaya sendiri. Secara umum beberapa strategi tersebut, antara lain: (a). Membangun Jejaring Kerja bukan sekedar bertukar kartu nama dan berkenalan. (b). Jadilah pendengar yang baik. (c). Upayakan dalam 72 jam kita harus berusaha menjalin komunikasi dengan mereka agar mereka tidak melupakan kita begitu saja. (d). Bersikap sabar tetapi aktif dan proaktif dalam memberi. (e). Bersikap lebih cerdas dan selalu menyampaikan informasi yang akurat dan apa adanya. (f). Kesinambungan komunikasi. (g). Menjadi anggota komunitas tertentu seperti forum HIPKI, HISSPI, HIPMI, Komunitas Entrepreneur dan sebagainya untuk menambah relasi dan memperlus wawasan. (h). Peduli lingkungan. (i). Membangun citra diri sebagai wirausaha. (j). Masuk ke lingungan organisasi profesi.


- PENERAPAN 


untuk membuat atau membuka sebuah usaha pastinya dibutuhkan rencana yang sangat matang dan jelas dari segala aspek 


Komentar

Postingan populer dari blog ini