MARKETING INSIGHT


- A. Rangkuman Ibu Diana Fajarwati

    Insight adalah sebuah informasi inti yang dapat digunakan untuk memahami suatu permasalahan yang rumit(complicated). Sedangkan marketing insight adalah informasi inti yang jelas, dalam untuk memahami suatu permasalahan dalam marketing.



     Dalam sebuah marketing, yang dituju adalah sebuah goals dalam bisnis. Goals tersebut berupa bisnis kita diterima oleh pasar, kepuasan pelanggan dan juga yang utama adalah pendapatan. Untuk mencapai goals tersebut, kita harus memahami kebutuhan pasar, karena lingkungan dan zaman selalu berubah ubah, sehingga kita dituntut untuk memahami kebutuhan pasar dikarenakan kebutuhan pasar yang berubah dikarenakan faktor perubahan lingkungan dan zaman tersebut.Terdapat 3 kunci dalam memahami kebutuhan pasar tersebut yaitu :



1. Relevant 

    Dalam hal ini, kita harus mengetahui produk apa yang sesuai dengan trend yang berkembang saat ini. karena trend yang berkembang tersebut akan mempengaruhi perubahan pasar dan juga mempengaruhi perilaku konsumen.


2. Appealing

  Dalam hal ini, kita harus mengetahui produk apa yang menarik bagi konsumen sehingga membangkitkan emosional yang positive dari konsumen tersebut. Terdapat 3 komponen yang membuat emosional positive konsumen tersebut meningkat yaitu 


    a. Function Value

        Function value ini adalah komponen yang membangkitkan emosional positive konsumen melalui       fungsi dari produk yang kita tawarkan.


    b. Emosional Value

        Emosional value ini adalah komponen yang membangkitkan emosional positive konsumen melalui     produk yang membuat nyaman maupun senang.


    c. Symbolic Value

        Symbolic value ini adalah komponen yang membangkitkan emosional positive konsumen melalui     nilai yang membuat konsumen tersebut memiliki kebanggaan tersendiri.


3. Suitable

    Dalam hal ini, kita harus mengetahui produk tersebut ditujukan untuk siapa. Ini berkaitan dengan kemampuan finansial, gaya hidup konsumen dan lain-lain terkait dengan produk. 


# Strategi Penelitian Market




1. Qualitative Research 

    Metode penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Untuk pemula, biasanya cukup dengan menggunakan metode observasi dan juga etnography/netnography. Observasi dilakukan dengan mengamati keadaan pasar, baik produk, perubahan pasar dan lain lain. Sedangkan etnography/netnography itu ada dua metode, metode etnography dilakukan dengan mengamati lingkungan yang diamati tetapi kita harus tinggal dalam lingkungan yang ingin kita amati tersebut. Sedangkan netnography dilakukan dengan mengamati seperti etnography, tetapi dilakukan secara online. Contohnya adalah bergabung dengan grup maupun komunitas untuk diamati.


2. Quantitative Research

    Metode penelitian ini dilakukan secara kuantitatif. ada banyak metode pada metode kuantitatif ini, tetapi untuk pemula disarankan online survey dan juga sentiment analysis. untuk online survey implementasinya adalah seperti contohnya google form. Sedangkan sentiment analysis dilakukan oleh orang yang mendalami tentang data, sentiment analysis ini dilakukan dengan tools tertentu untuk mengetahui sentiment yang diamati postif atau negatif.

    Dalam metode online survey, terdapat 3 basic pertanyaan untuk membantu para pensurvey mendapatkan jawaban dari pemikiran mereke mengenai produk mereka yaitu :

1.) Apakah problem utama anda terkait dengan...........

2.) Jika ada solusi dari problem tersebut, apa yang berubah dalam hidup anda .............

3.) Seberapa mudah/susah menemukan solusi tersebut dipasar .............

 

3. Sosial Media Listening / Monitoring

    Untuk metode yang satu ini, kita harus melihat produk yang paling banyak di review di sosial media seperti yang dipopulerkan oleh para vlogger. dengan metode ini, kita dituntut harus selalu update mengenai produk apa yang di populerkan oleh para vlogger tersebut, karena tidak lama dari situ, kemungkinan besar produk yang ditawarkan tersebut akan meningkat pencarian dari produk tersebut.


4. Market Intelligent

    Metode ini dilakukan dengan melakukan pengamatan melalui publikasi publikasi seperti google dan lain lain tentang insight produk apa yang sedang banyak di cari. 


- B. Rangkuman Ibu Cicilia Bangun



    Menurut ibu Cicilia bangun, customer insight adalah sebagai jembatan antara pemilik produk dengan customer untuk mengetahui produk seperti apa yang dibutuhkan customer, agar pemilik produk dapat memenuhi kebutuhan customer tersebut. Hal tersebut dilakukan dengan 3 cara yaitu :

1. Listen to customer voice 

    Pada hal ini, kita harus mendengar suara atau permintaan dari customer kita.

2. Know your customer

    Pada hal ini, kita dituntut untuk mengenali siapa customer kita.

3. Customer engagement

    Pada hal ini, pemilik produk dituntut bagaimana pemilik produk tersebut menjalin kedekatandengan customer tersebut


    Dan menurut ibu Cicilia bangun, consumen insight adalah proses pengidentifikasian semua tentang consumer yang dilakukan secara mendalam dengan tujuan untuk mencari tahu tipe pengguna produk kita seperti apa. Jika pemilik produk mengetahui tipe pengguna produk kita lebih mendalam, maka semakin tepat nantinya kita mengetahui strategi dan komunikasi yang dipakai.


# Area Consumer 




- Area Klasik

    Area klasik ini berisi pertanyaan pertanyaan umum, contohnya siapa konsumen, apa yang dilakukan, dimana berada dan lain lain. Atau dapat saya simpulkan kalau pertanyaan pertanyaan tersebut berdasarkan 5W + 1H.

- Area Psikologis

    Sedangkan area psikologis ini berisi pertanyaan pertanyaan yang mengandung unsur psikologis, seperti apa yang dipikirkan, apa yang dirasakan, apa tujuannya dan lain lain.


# Cara pengumpulan consumer insight




    Sama seperti yang di jelaskan oleh pembicara pertama yaitu ibu Diana Fajarwati, cara pengumpulan consumer insight itu yaitu :

- Literature Sources

- Survey

- Observation

- Interview

- Online / Social media monitoring

- Document and Records

- Experiment


# Sumber Informasi

    Untuk pengumpulan consumer insight, pasti yang dicari adalah sebuah informasi. Untuk itu, terdapat top 5 sumber informasi yang banyak digunakan yaitu :




- Search Engine

   Search engine adalah yang paling teratas dari sumber informasi, karena dengan mudahnya kita bisa mensearching informasi yang kita butuhkan.


- Social Networks

    Social network adalah yang kedua tertinggi dalam sumber informasi, karena dalam era yang sudah digital ini, kebanyakan konsumen memberikan pendapat mengenai suatu produk pada sosial media. Dari situlah kita dapat mendapatkan informasi informasi tentang produk apa yang                       dibutuhkan.


- Consumer Review

    Konsumer review juga penting sebagai sumber informasi, karena dari review tersebutlah masyarakat dapat mengetahui produk yang bagus maupun yang jelek. sehingga kita mengetahui produk apa yang akan baik jika kita pasarkan berdasarkan review review dari konsumen tersebut.


- Brand Websites

    Dari brand websites, kita dapat mengetahui informasi informasi mengenai produk dari brand tersebut, mulai dari produksinya sampai manfaat manfaat yang diberikan dari produk tersebut.


- Comparators

    Di era yang sudah digital ini, kita dapat mendapatkan informasi dengan membandingkan produk satu dengan produk lainnya, sehingga kita mendapatkan informasi baru dari hasil perbandingan tersebut.


# Komponen Dasar




- Pengumpulan Data

    Pertama, kita harus mengumpulkan data dari konsumen terlebih dahulu, sehingga kita dapat kesimpulan mengenai keinginan dari konsumen kita. 


- Analisis Data

    Tahap ini adalah menyesuaikan produk dengan keinginan konsumen, dengan diawali analysis dari data yang telah dikumpulkan sebelumnya, lalu diambil kesimpulan dan menyesuaikan produk dengan   keinginan konsumen.


- Optimalisasi

    Tahap ini adalah tindakan dari perusahaan itu sendiri, tindakan pengambilan produk yang seperti apa dilihat dari analysis data sebelumnya, sampai pemilihan bahan yang baik dan juga tercipta harga           yang terjangkau.


- Manajemen Promosi

    Tahap ini bermaksud dengan cara apa produk yang kita punya sampai kepada konsumen kita, biasanya harus melihat dimanakah orang banyak dapat melihat produk yang kita promosikan.


- Personalisasi

    Tahap ini adalah membuat ciri khas dari produk yang kita buat, misalnya melihat kelebihan kelebihan dari produk yang kita miliki sehingga menjadi ciri khas dari produk kita.


# Manfaat Consumer Insight




1. Menyesuaikan strategi pemasaran

2. Menganalisa pesain

3. Menekanbiaya akusisi perpelanggan


Manfaat yang penting dari consumer insight yaitu :

1. Meningkatkan jumlah pelanggan

2. Meningkatkan transaksi per pelanggan

3. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan


-kesimpulannya 

Inilah akhir dari pembahasan kita, yaitu kesimpulan dari topik yang dibicarakan oleh setiap pembicara pada pembahasan sebelumnya. Langsung saja tanpa berlama-lama, langsung aja kita bahas kesimpulannya, let`s GO.


    Insight / marketing insight/ customer insight adalah informasi inti yang dapat digunakan untuk memahami suatu permasalahan rumit (complicated) yang berperan sebagai jembatan antara pemilik produk dengan customer untuk mengetahui produk seperti apa yang dibutuhkan customer. Dengan insight ini banyak manfaat yang didapatkan yaitu kita dapat menyesuaikan strategi pemasaran, Meningkatkan jumlah pelanggan, meningkatkan transaksi per pelanggan, menjalin hubungan baik dengan pelanggan.


    Dalam marketing, pasti ingin mencapai suatu goals. goals tersebut berupa bisnis kita diterima oleh pasar, kepuasan pelanggan dan juga pendapatan. Untuk mencapai goals tersebut, kita harus memahami kebutuhan pasar saat ini. Ada 3 kunci untuk memahami kebutuhan pasar tersebut yaitu produk harus relevan(sesuai trend), Appealing(Membangkitkan emosional positive) dan suitable(Kecocokan produk dengan konsumen).


    Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan customer, ada 3 hal yang harus kita lakukan yaitu dengan mendengar suara yang diberikan oleh customer kita, lalu kita harus mengetahui pelanggan kita, dan yang terakhir untuk memenuhi kebutuhan customer kita adalah menjalin kedekatan antara pemilik produk dengan customer.


    Untuk memenuhi kebutuhan customer tersebut, kita harus mengumpulkan consumer insight terlebih dahulu dengan metode metode penelitian, baik qualitative research, quantitative research, sosial media listening / monitoring, maupun market intelligent. Metode metode tersebut memiliki ciri khas masing masing seperti qualitative observasi maupun etnography/netnography. Lalu Quantitative seperti online survey(google form) dan juga sentiment analysis. Sosial Media Listening / Monitoring dengan mengamati para vlogger maupun produk produk pada sosial media. Dan yang terakhir adalah market Intelligent yang dilakukan dengan melakukan pengamatan melalui publikasi publikasi seperti google tentang insight produk apa yang sedang banyak di cari.


    Setelah mengetahui metode beserta pengimplementasiannya, hal terakhir adalah melakukan proses dari insight produk tersebut dengan 5 komponen yang dibahas oleh ibu Cicilia Bangun, yaitu melakukan pengumpulan data untuk di identifikasi kebutuhan dari pelanggan produk kita, Lalu analisis data yang telah dikumpulkan tersebut untuk menyimpulkan produk yang akan kita buat. Lalu perusahaan menindaklanjuti kesimpulan dari analysis data tersebut menjadi produk sesuai dari permintaan pelanggan. Lalu ada manajemen promosi untukmempromosikan produk yang telah dibuat pada komponen sebelumnya. Dan yang terakhir adalah memberikan personalisasi / ciri khas dari produk yang kita buat tadi, biasanya ciri khasnya adalah kelebihan dari produk kita, seperti harga terjangkau, kualitas baik dan lain-lain.


Komentar

Postingan populer dari blog ini